Rabu, 08 Juli 2015

Fisioterapi

Perkembangan fisioterapi



Pada tahun 1930-an para penyandang cacat belum mendapat perhatian dan pelayanan secara benar dan tuntas. Sehingga menggerakan hati para tokoh kemanusiaan untuk memberikan hak-hak asasi manusia pada penyandang cacat,seperti hak mendapatkan pendidikan,menentukan cara hidup,mendapatkan kebahagiaan,mendapatkan haknya dalam berobat.

Pada tahun 1940-an,masa di mana sedang bergolak-golaknya di seluruh dunia yang menuntut hak kebebasan dan kemerdekaan.
Penyandang cacat menuntut hak asasi mereka,sehingga terbentuklah pertolongan rehabilitasi bagi penyandang cacat.Organisasi yang mulai muncul yaitu WHO,UNICEF,ILO.Sekarang sudah terbentuk IFI (Ikatan Fisioterapi Indonesia).Fisioterapi di Indonesia pun semakin berkembang disesuaikan dengan jaman yang semakin modern.Tidak hanya tangan kita sebagai alatnya tetapi sudah ada alat-alat canggih yang mulai dikembangkan dalam bidang Fisioterapi,misalnya Inframerah,Ultra violet,SWD, dan lain sebagainya.Fisioterapi pun sudah mulai dibutuhkan oleh masyarakat sehingga Rumah Sakit mulai membuka Fisioterai.
Keunggulan Fisioterapi dibanding prodi lain:Tri Lestari, selaku Dekan FIKES mengatakan, Prodi Fisioterapi dibuka karena merespon tingginya kebutuhan masyarakat. Fisioterapi sendiri tidak melulu dibutuhkan di rumah sakit. Akan tetapi dibutuhkan juga pada sarana-sarana yang dekat dengan masyarakat seperti sarana kebugaran. “Fisioterapi bertujuan untuk memberikan layanan komprehensif yang berbasis community kepada masyarakat,” ujarnya. Sebagai contoh, dalam praktek fisioterapi tidak melulu masyarakat yang datang ke rumah sakit. Namun, tenaga fisioterapi atau mahasiswa fisioterapi yang terjun langsung ke rumah-rumah pasien yang membutuhkan dengan tetap melibatkan kedokteran. Sehingga keuntungan yang didapat pasien diantaranya adalah mengurangi biaya rawat di rumah sakit karena pada prakteknya bisa dilakukan di mana saja termasuk di rumah. Tidak hanya menyembuhkan penyakit dengan meningkatkan fungsi gerak tubuh, lebih jauh Fisioterapi dapat mengurangi stress akibat padatnya pekerjaan atau patah hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar